Pesan Dakwah

Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka baginya pahala seperti orang yang melakukannya” {HR. Muslim}

Hijrah Dijalan Allah untuk Mengharapkan Rahmat dan Derajat yang Tinggi Disisi Allah

Image Hijrah by Google
Dalam Surah At-Taubah Ayat: (20-22)
(20) orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.
(21) Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari padaNya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh didalamnya kesenangan yang kekal,
(22) mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.

Surat Al-Baqarah ayat: (218) " Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. "

Pengertian Hijrah
Pindahnya Nabi Muhammad SAW bersama shahabatnya dari Makkah ke Madinah hal itu terjadi 1.427 tahun yang lalu, Nabi hijrah dari Makkah ke Madinah.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
Barangsiapa yang berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu dianggap baik oleh Allah dan Rasul-Nya, tetapi ada juga golongan yang kedua karena menyelamatkan harta dunianya, maka sampai disitulah dia dan ada lagi yang ketiga barangsiapa yang hijrahnya karena menyelamatkan perempuannya, maka dikawin itu perempuan, sampai situ pula lah dia.

Hadits tesebut menggambarkan 3 (tiga) macam kelompok manusia yang berhijrah bersama Nabi Muhammad SAW ketika itu. Tentunya yang terbaik adalah golongan yang pertama, kenapa? Karena yang kedua dan ketiga itu merupakan urusan dunia sehingga manusia banyak yang melupakan Allah dan Rasulnya. Mungkin ilustrasi itu tidak akan jauh dari berbagai macam manusia sekarang ini. Kemudian bagaimanakah sikap kita selanjutnya? Kita tinggal memilih karena Allah dan Rasul-Nya atau karena dunia.

hijrah dalam arti luas. Hal tersebut hampir mencakup seluruh perikehidupan manusia di alam dunia yang fana ini. Ialah perubahan dari sesuatu keadaan kepada keadaan yang lain atau kepada keadaan yang lebih baik. Berhijrah di jalan Allah, karena mereka mengharapkan ridlo Allah dan karena mereka yakin bahwa Allah itu Maha Pengampun dan Maha Penyayang.



Mudah-mudah dengan berhijrah merupakan titik tolak dari kesuksesan kita.

Ditulis Oleh : Alek Abd - Bogor

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kunci Mencari Rezeki

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top