Pesan Dakwah

Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka baginya pahala seperti orang yang melakukannya” {HR. Muslim}

Doa yang disunnahkan di Kala Hujan

Musim hujan tengah mengurung kita. Banjir bisa berpeluang terjadi kapan saja. Setiap kali mendung menggantung, setiap itu pula hati kita semua berdebar. Bukankah bagaimana pun bencana bisa saja datang tiba-tiba?

Di musim hujan, banyak kebaikan bisa kita lakukan. Banyak hal yang disunnahkan Nabi SAW.

Bahwasannya Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam apabila melihat hujan turun,
beliau berdoa : Allahumma shayyiban naafian (Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat bagi kami)" [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1032].

Bagaimana jika hujan deras?
Maka Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam berdoa : Allahumma hawaalainaa wa laa alainaa (ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami saja dan jangan kepada kami sehingga membahayakan kami)".
Anas berkata : "Sungguh aku melihat awan berpencar ke kanan dan kiri, lalu hujan turun namun tidak menghujani penduduk Madinah" [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 969].

Apabila kita mendengar gelegar petir disunnahkan membaca doa:
Subhaanalladzii yusabbihur-radu bi-hamdihi wal-malaaikatu min khiifatih (Maha Suci Allah, Dzat yang guruh itu bertasbih dengan memuji-Nya, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya)".
[Diriwayatkan Imam Maalik dalam Al-Muwaththa 4/524-525 no. 2019; shahih].

http://mozaik.inilah.com/read/detail/2177280/doa-doa-yang-disunnahkan-kala-hujan
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kunci Mencari Rezeki

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top